• October 1, 2022

Pelajari Kontrol Nafas Bernyanyi Yang Baik

Teknik pernapasan yang baik sangat penting untuk kontrol suara saat bernyanyi dan setiap penyanyi yang menghargai diri sendiri harus mempelajari dan menguasai teknik ini. Penyanyi tidak akan pernah bisa bernyanyi dengan kuat, mempertahankan nada dengan anggun dan bernyanyi dengan penuh semangat tanpa menguasai teknik pengendalian napas yang baik. kunjungi P-Social.my.id

Saat Anda menarik napas untuk bernyanyi, bernapaslah dari bagian bawah paru-paru Anda ke atas. Ketika teknik pernapasan yang baik dikuasai, Anda akan dapat merasakan napas di sekitar perut bagian bawah, tidak hanya di bagian depan. Dada dan bahu Anda mungkin mulai terangkat saat Anda menarik napas, tetapi jangan biarkan terangkat atau suara nyanyian akan terdengar tegang dan tegang.

Anda akan frustrasi dengan upaya menyanyi Anda jika pernapasan dangkal adalah dasar kontrol napas Anda. Pernapasan dangkal adalah udara yang disimpan di paru-paru bagian atas tempat tenggorokan dan dada bagian atas bertemu. Teknik pernapasan yang benar dan baik dimulai dengan diafragma dan otot-otot pendukung napas.

Kunci untuk memperbaiki penggunaan diafragma dan otot-otot pendukung napas adalah pengembangan perut bagian bawah saat menarik napas saat bernyanyi. Anda harus melatih dan mengembangkan teknik ini hingga menjadi kebiasaan alami bagi Anda untuk bernapas bahkan saat Anda bernapas dengan normal saat tidak bernyanyi.

Saat Anda berlatih teknik pengendalian napas menyanyi, perhatikan seberapa banyak suara yang Anda buat saat menarik napas. Ini karena banyak penyanyi percaya bahwa nafas yang berisik adalah nafas yang dalam yang tidak benar.

Saat Anda bernapas, menghirup udara dan tidak meneguk. Pernapasan yang hening dan hening harus menjadi tujuan dari teknik pernapasan yang baik. Sekali lagi, latih pernapasan hening yang hening sampai teknik ini menjadi kebiasaan menyanyi alami Anda.

Pernapasan yang bising biasanya disebabkan oleh tenggorokan yang menyempit dan merupakan indikasi yang jelas dari pernapasan dangkal yang bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak penyanyi. Jika Anda takut untuk mengembangkan perut saat menarik napas karena takut terlihat gemuk, hal ini akan menyebabkan ketegangan pada perut dan diafragma dengan otot-otot pendukung napasnya tidak akan bekerja pada puncaknya sebagaimana mestinya. menjadi.

Kebanyakan penyanyi bahkan tidak menyadari bahwa mereka menahan semua ketegangan ini. Salah satu teknik terpenting untuk menyanyi yang baik adalah dengan rileks sehingga Anda dapat mencapai apa yang disebut ‘suara mengambang’. Dengan begitu banyak ketegangan dalam sistem pendukung nyanyian, suara mengambang yang santai akan sulit, jika bukan tidak mungkin untuk dicapai.

Ketegangan ini mungkin disebabkan oleh postur tengkurap yang sudah bertahun-tahun ditanamkan sejak muda. Sekarang, mari kita mulai dengan latihan vokal untuk mempelajari pengendalian napas menyanyi yang baik.

Mulailah dengan mengambil beberapa napas tenang yang hening. Saat Anda menggambar di udara, rentangkan perut bagian bawah ke sekeliling termasuk sisi samping dan punggung bawah. Buat catatan mental tentang bagaimana rasanya bernapas dengan tenang.

Selanjutnya, lepaskan udara dengan mantap dan nyanyikan vokal ‘Ahhh’ saat Anda melepaskan udara dengan perut kembali ke posisi semula.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kualitas suara vokal yang baru saja Anda hasilkan lebih mantap dan memiliki nada mengambang yang melekat padanya?

Harus ditekankan bahwa jumlah udara yang dibutuhkan untuk nyanyian yang baik sebenarnya sangat sedikit dan oleh karena itu jumlah udara yang tepat yang melekat pada nada harus cukup.

Mempelajari dan menguasai teknik pengendalian napas menyanyi ini akan membawa Anda ke jalan Anda untuk menjadi penyanyi yang jauh lebih baik.